Habib Hasan bin Ja’far Assegaf lahir di bogor tahun 1977, di
tengah-tengah wilayah para ulama besar termasuk almarhum kakek beliau Al
Imam Al Qutub Al Habib Abdullah bin Muhsin Alatas sebagai pemimpin para
wali dizamannya. Silsilah beliau menyambung dari ibundanya, yaitu
Syarifah Fatmah binti Hasan bin Muhsin bin Abdullah Alatas.
1. Silsilah :
Al Habib Hasan bin Ja’far bin Umar bin Ja’far bin Syekh bin Abdullah
bin Seggaf bin Ahmad bin Abdullah bin Alwi bin Abdullah bin Ahmad bin
Adurrahman Seggaf bin Ahmad Syarif bin
Abdurrahman bin Alwi bin Ahmad bin Alwi bin Syekhul Kabir Abdurrahman
Assegaf bin Muhammad Maula Dawileh bin Ali bin Alwi Al Ghuyur bin Al
Faqihil Muqaddam Muhammad bin Ali bin Muhammad Shohibul Mirbath bin Ali
Kholi Qosam bin Aliw bin Muhammad bin alwi bin Ubaidillah bin Ahmad Al
Muhajir bin Isa bin Muhammad An Naqib bin Ali Al Uraidhi bin Ja’far
sodiq bin Muhammad Al Baqir bin Ali Zaenal Abidin bin Al Imam Husein
Assibit bin Imam Ali KWH bin Fatimah Al Batul Binti Nabi Muhammad SAW
2. Pendidikan
Beliau belajar dengan para habaib dan ulama, diantaranya :
Al Imam Al Hafidz Al Musnid Al Habib Abdullah bin Abdul qadir
Bilfaqih dan putera-putera beliau : Habib Abdul qadir bilfaqih, Habib
Muhammad bilfaqih, Habib Abdurrahman bilfaqih ( Pondok pesantren Daarul
Hadits Al Faqihiyyah, Malang ).
• Syekh Abdullah Abdun, Daruttauhid malang
• Syekh Umar Bafadhol, Surabaya
• Al Imam Al Arif billah Al Habib Abdurrahman bin Ahmad bin Abdul qadir
Assegaf dan putera-putera beliau diantaranya Al Habib Ali bin
Abdurrahman Assegaf (Yayasan Ats-Tsaqofah Al Islamiyyah ).
• Al Habib Muhammad Anis bin Alwi Al Habsyi (selaku yang mengijazahkan maulid simtudduror).
• Al Habib Abdullah bin Husein syami Alatas dikediaman beliau R.a.
• Al Habib Abubakar bin Hasan Alatas, Martapura.
• KH. Dimyati, Banten.
• KH. Mama Satibi dan putera beliau, Cianjur.
• KH. Buya Yahya, Bandung
• Muallim Sholeh, Bogor.
Dan masih banyak lagi para ulama lainnya.
3. Dakwah Beliau
Dakwah beliau menjunjung tinggi Al-Qur’an dan sunnah Rasulullah SAW.
Mengajak para pemuda pemudi, orang-orang tua maupun anak kecil berdzikir
dan bersholawat yang dimulai dari :
• Kota bogor
• Sukabumi
• Bandung
• Jakarta dan sekitarnya.
4. Tujuan Dakwah
Mengikuti kakek moyang beliau sampai kejunjungan Nabi Besar Muhammad SAW. Dan mengajak para muslimin dan muslimat :
• Membaca Al-Qur’an.
• Membaca Ratib Al-Atas dan Ratib Al-Haddad
• Mengenalkan salaf sholihin dengan berziarah kepada para wali Allah ketempat orang-orang sholeh.
• Membesarkan nama Rasulullah dengan pembacaan maulid
Harapan
Bersabda Nabi Muhammad SAW : “ Seorang bersama yang dicintainya “,
harapan beliau agar diakui oleh Rasulullah SAW dan datuk-datuknya.
Semoga semua ummat Rasulullah SAW mendapat ridho Allah dan syafaat
Rasulullah SAW, kelak nanti dihari kiamat masuk surga bersama Nabi
Muhammad SAW.
Bersabda Nabi Muhammad SAW : “ Apabila telah tersebar perzinahan,
perjudian, permabukan, anak durhaka kepada orang tua, istri durhaka
kepada suami dan banyaknya yang makan riba maka masuklah kalian kejalan
keluargaku, selamatlah kalian dari malapetaka (Riwayat Abu Daud).
HABIB JINDAN
Kemampuannya sebagai dai bukan hanya karena dia
adalah cucu Habib Salim bin Ahmad bin Jindan, “Singa Podium” dan pejuang
dakwah di Betawi tahun 1906-1969. Tapi juga karena sedari kecil dia
memang telah tertempa dalam lingkungan pendidikan yang sarat religius.
Wajah dai yang satu ini tentu sudah banyak dikenal kalangan habaib
dan muhibbin yang ada di Indonesia. Usianya masih relatif muda, 31
tahun, namun reputasinya sebagai ulama dan muballig sudah diakui kaum
muslimin. Tidak saja di Jakarta, tapi juga di banyak majelis haul dan
Maulid yang digelar di berbagai tempat – seperti Gresik, Surabaya, Solo,
Pekalongan, Tegal, Semarang, Bandung, Palembang, Pontianak dan
Kalimantan. Hampir semua daerah di negeri ini sudah dirambahnya.
Kemampuannya sebagai dai bukan hanya karena dia adalah cucu Habib
Salim bin Ahmad bin Jindan, “Singa Podium” dan pejuang dakwah di Betawi
tahun 1906-1969. Tapi juga karena sedari kecil dia memang telah tertempa
dalam lingkungan pendidikan yang sarat religius.
Wajah ulama muda yang shalih ini tampak bersih. Tutur katanya halus,
dengan gaya berceramahnya yang enak didengar dan mengalir penuh untaian
kalam salaf serta kata-kata mutiara yang menyejukkan para pendengarnya.
Seperti kebanyakan habib, dia pun memelihara jenggot, dibiarkannya
terjurai.
Habib Jindan, putra Habib Novel bin Salim bin Jindan Bin Syekh
Abubakar, adalah salah seorang ulama yang terkenal di Jakarta. Ia juga
dikenal sebagai penerjemah bahasa Arab ke bahasa Indonesia yang andal.
“Ketika dia menerjemahkan taushiyah gurunya, Habib Umar bin Hafidz,
makna dan substansinya hampir sama persis dengan bahasa aslinya. Bahkan
waktunya pun hampir sama dengan waktu yang digunakan oleh Habib Umar,”
tutur Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf di Jakarta.
Berkah Ulama dan Habaib
Habib Jindan bin Novel bin Salim Jindan lahir di Sukabumi, pada hari
Rabu 10 Muharram 1398 atau 21 Desember 1977. Sejak kecil ia selalu
berada di lingkungan majelis ta’lim, yang sarat dengan pendidikan
ilmu-ilmu agama. “Waktu kecil saya sering diajak ke berbagai majelis
ta’lim di Jakarta oleh abah saya, Habib Novel bin Salim bin Jindan. Dari
situ saya mendapat banyak manfaat, antara lain berkah dari beberapa
ulama dan habaib yang termasyhur,” kenang bapak lima anak (empat putra,
satu putri) ini kepada alKisah. Ayahandanya memang dikenal sebagai
muballigh yang termasyhur. Pengalaman masa kecil itu pula yang
mendorongnya selalu memperdalam ilmu agama.
Ketika ia berumur dua tahun, keluarganya tinggal di Pasar Minggu,
bersebelahan dengan rumah keluarga Habib Salim bin Toha Al-Haddad. Pada
umur lima tahun, ia dititipkan untuk tinggal di rumah Habib Muhammad bin
Husein Ba’bud dan putranya, Habib Ali bin Muhammad bin Husein Ba’abud,
di Kompleks Pondok Pesantren Darun Nasyi’ien (Lawang, Malang). “Di
Lawang, sehari-hari saya tidur di kamar Habib Muhammad Ba’bud. Selama di
sana, dibilang mengaji, tidak juga. Namun berkah dari tempat itu selama
setahun saya tinggal, masih terasa sampai sekarang,” ujarnya dengan
senyum khasnya.
Menginjak umur enam tahun, ia ikut orangtuanya pindah ke Senen
Bungur. Ia mengawali belajar di SD Islam Meranti, Kalibaru Timur
(Bungur, Jakarta Pusat). Ia juga belajar diniyah pada sebuah madrasah
yang diasuh oleh Ustadzah Nur Baiti.
Kemudian dia melanjutkan ke tingkat tsanawiyah di Madrasah Jami’atul
Kheir, Jakarta, hingga tingkat aliyah, tapi tidak tamat. Selama di
Jami’at Kheir, banyak guru yang mendidiknya, seperti Habib Rizieq
Shihab, Habib Ali bin Ahmad Assegaf, K.H. Sabillar Rosyad, K.H.
Fachrurazi Ibrahim, Ustadz Syaikhon Al-Gadri, Ustadz Fuad bin Syaikhon
Al-Gadri, dan lain-lain.
Sejak muda, sepulang sekolah ia selalu belajar pada habaib dan ulama
di Jakarta, seperti di Madrasah Tsaqafah Islamiyah, yang diasuh Habib
Abdurrahman bin Ahmad Assegaf dan putranya, Ustadz Abu Bakar Assegaf.
Habib Jindan juga pernah belajar bahasa Arab di Kwitang (Senen, Jakarta
Pusat) di tempat Habib Muhammad bin Ali Al-Habsyi, dengan ustadz-ustadz
setempat.
Selain itu pada sorenya ia sering mengikuti rauhah yang digelar oleh
Majelis Ta’lim Habib Muhammad Al-Habsyi. Di majelis itu, banyak habib
dan ulama yang menyampaikan pelajaran-pelajaran agama, seperti Habib
Abdullah Syami’ Alattas, Habib Muhammad Al-Habsyi, Ustadz Hadi Assegaf,
Habib Muhammad Mulachela, Ustadz Hadi Jawwas, dan lain-lain.
Beruntung, karena sering berada di lingkungan Kwitang, ia banyak
berjumpa para ulama dari mancanegara, seperti Sayid Muhammad bin Alwi
Al-Maliki, Habib Ja’far Al-Mukhdor, Habib Abdul Qadir bin Ahmad Assegaf,
dan masih banyak lainnya.
Pada setiap Ahad pagi, ia hadir di Kwitang bersama abahnya, Habib
Novel, yang juga selalu didaulat berceramah. Sekitar 1993, ia bertemu
pertama kali dengan Habib Umar Hafidz di Majlis Ta’lim Habib Ali bin
Abdurrahman Al-Habsyi (Kwitang) saat pengajian Ahad pagi. Pertemuan
kedua terjadi saat Habib Umar bin Salim Al-Hafidz berkunjung ke Jami’at
Kheir. Saat itu yang mengantar rombongan Habib Umar adalah Habib Umar
Mulachela dan Ustadz Hadi Assegaf.
Uniknya, satu-satunya kelas yang dimasuki Habib Umar adalah kelasnya,
padahal di Jami’at Kheir saat itu ada belasan kelas. Begitu masuk
kelas, Ustadz Hadi Assegaf dari depan kelas memperkenalkannya dengan
Habib Umar bin Salim Al-Hafidz. Saat itu, Ustadz Hadi menunjuknya sambil
mengatakan kepada Habib Umar bahwa dirinya juga bermarga Bin Syekh Abu
Bakar bin Salim, sama klannya dengan Habib Umar bin Salim Al-Hafidz.
Saat itulah Habib Umar tersenyum sambil memandang Habib Jindan.
Itulah perkenalan pertama Habib Jindan dengan Habib Umar Al-Hafidz di
ruang kelasnya, yang masih terkenang sampai sekarang.
Sejak saat itu hatinya tergerak untuk belajar ke Hadhramaut. Pernah
suatu ketika ia akan berangkat ke Hadhramaut, tapi sayang sang pembawa,
Habib Bagir bin Muhammad bin Salim Alattas (Kebon Nanas), meninggal.
Pernah juga ia akan berangkat dengan salah satu saudaranya, tapi
saudaranya itu sakit. Hingga akhirnya tiba-tiba Habib Abdul Qadir
Al-Haddad (Al-Hawi, Condet) datang ke rumahnya mengabarkan bahwa Habib
Umar bin Hafidz menerimanya sebagai santri.
Sumber Inspirasi
Lalu ia berangkat bersama rombongan pertama dari Indonesia yang
jumlahnya 30 orang santri. Di antaranya Habib Munzir bin Fuad
Al-Musawwa, Habib Qureisy Baharun, Habib Shodiq bin Hasan Baharun, Habib
Abdullah bin Hasan Al-Haddad, Habib Jafar bin Bagir Alattas, dan
lain-lain. Ia kemudian belajar agama kepada Habib Umar bin Hafidz di
Tarim, Hadhramaut. “Ketika itu Habib Umar belum mendirikan Pesantren
Darul Musthafa. Yang ada hanya Ribath Tarim. Kami tinggal di rumah Habib
Umar,” tuturnya.
Baru dua minggu di Hadhramaut, pecah perang saudara di Yaman. Memang,
situasi perang tidak terasa di lingkungan pondok. Ada perang atau
tidak, Habib Umar tetap mengajar murid-muridnya. Namun dampak perang
saudara ini dirasakan seluruh penduduk Yaman. Listrik mati, gas minim,
bahan makanan langka. “Terpaksa kami masak dengan kayu bakar,” katanya.
Baginya, Habib Umar bin Hafidz bukan sekadar guru, tapi juga sumber
inspirasi. “Saya sangat mengagumi semangatnya dalam berdakwah dan
mengajar. Dalam situasi apa pun, beliau selalu menekankan pentingnya
berdakwah dan mengajar. Bahkan dalam situasi perang pun, tetap mengajar.
Beliau memang tak kenal lelah.”
Saat itu Darul Musthafa belum mantap seperti sekarang, situasinya
serba terbatas. Walaupun begitu, sangat mengesankan baginya. Dahulu para
santri tinggal di sebuah kontrakan yang sederhana di belakang kediaman
Habib Umar. Sedangkan pelajaran ta’lim, selain diasuh sendiri oleh Habib
Umar, para santri juga belajar di berbagai majelis ta’lim yang biasa
digelar di Tarim, seperti di Rubath Tarim, Baitul Faqih, Madrasah Syeikh
Ali, mengaji kitab Bukhari di Masjid Ba’alwi, ta’lim di Zawiyah Habib
Abdullah bin Alwi Al-Haddad (Al-Hawi, Hadhramaut), belajar kitab Ihya di
Zanbal di Gubah Habib Abdullah bin Abubakar Alaydrus, Zawiyah Mufti
Tarim, diasuh Syaikh Fadhal bin Abdurrahman Bafadhal, dan lain-lain.
Selama mengaji dengan Habib Umar, ia sangat terkesan. “Beliau dalam
mengajar tidak pernah marah. Saya tidak pernah mendengar beliau mengomel
atau memaki-maki kami. Kalau ada yang salah, ditegurnya baik-baik dan
dikasih tahu. Selain itu, Habib Umar juga terkenal sangat istiqamah
dalam hal apa pun.”
Habib Jindan mengaku sangat beruntung bisa belajar dengan seorang
alim dan orator ulung seperti Habib Umar. Memang Habib Umar mendidik
santri-santrinya bisa berdakwah. Para santri mendapat pendidikan khusus
untuk memberikan taushiyah dalam bahasa Arab tiap sehabis shalat Subuh,
masing-masing dua orang, walaupun hanya sekitar lima sampai sepuluh
menit. Latihan kultum itu juga menjadi ajang saling memberikan masukan
antarsantri.
Setelah satu tahun menjadi santri, ada program dakwah tiga hari
sampai seminggu bagi yang mau dakwah berkeliling. Bahkan dirinya sudah
mengajar untuk santri-santri senior pada akhir-akhir masa pendidikan.
Setelah selama kurang lebih empat tahun, tahun 1998, ia pulang ke
Indonsia bersama rombongan Habib Umar yang mengantar sekaligus
santri-santri asal Indoensia dan berkunjung ke rumah beberapa muridnya.
Angkatan pertama ini hampir seluruhnya dari Indonesia, hanya dua-tiga
orang yang santri setempat. Untuk itulah, ia pulang seminggu terlebih
dahulu, untuk mempersiapkan acara dan program kunjungan Habib Umar di
Indonesia.
Saat pertama kali pulang, ia, oleh sang abah, diperintahkan untuk
berziarah ke para habib sepuh yang ada di Jakarta, Bogor, dan
sekitarnya. Ayahandanya, Habib Novel, Habib Hadi bin Ahmad Assegaf, dan
Habib Anis Al-Habsyi mendorongnya untuk berdakwah.
Masukan, didikan, dan motivasi sang abah ia rasakan hingga sekarang.
“Ikhlaslah dalam berdakwah. Apa yang keluar dari hati akan sampai ke
hati,” kata Habib Jindan menirukan abahnya. Habib Novel (alm.) memang
dikenal sebagai orator ulung sebagaimana abahnya, Habib Salim bin
Jindan. Wajarlah bila Habib Novel ingin putra-putranya menjadi dai-dai
yang tangguh.
“Kalau ceramah, jangan terlalu panjang. Selagi orang sedang asyik,
kamu berhenti. Jangan kalau orang sudah bosan, baru berhenti, nanti
banyak audiens kapok mendengarnya. Lihat situasi dan keadaannya,
sesuaikan dengan materi ceramahnya dan waktu ceramahnya. Lihat, kalau di
situ ada beberapa penceramah, kamu harus batasi waktu berceramah dan
bagi-bagi waktunya dengan yang lain.” Sampai masalah akhlaq dan sopan
santun, semua orang diajarkan. (alkisah)
Home
Para Habaib
Habib Hasan bin Ja’far Assegaf
Posting Komentar